Wednesday, February 27, 2008

Seiko Black Monster (SKX779)


Inilah arloji yang sempat (bahkan mungkin masih) menjadi fenomena di kalangan pecinta arloji, terutama di forum2 seperti Timezone dan SCWF. Selalu disebutkan bahwa Seiko Monster ini adalah best bang for the buck atau best buy apabila dilihat dari harganya yang hanya sekitar USD 200, dibandingkan dengan kualitasnya. Seiko Monster ber-movement caliber 7s26 ini adalah generasi ke-4 dari evolusi Seiko Diver Automatic. Generasi pertama ditandai dengan hadirnya diver bermovement caliber 6217, dilanjutkan dengan caliber 6309/ 6306 (untuk market Jepang), lalu kemudian caliber 7002.


Setelah berkali-kali membaca review dan comment2 positif di berbagai forum arloji, akhirnya saya juga "keracunan" dan penasaran sekali dengan arloji ini. Berusaha mencari kesana kemari sekian lama, akhirnya saya mendapatkan-nya di daerah Pasar Baru. Di toko itu hanya tinggal 2 buah Seiko Monster yang tersisa, yaitu Black Dial dan Orange Dial. Tanpa berpikir 2 kali, langsung saya putuskan untuk ambil keduanya (walaupun akhirnya saya jual lagi yang orange karena kurang sreg dengan warnanya):-). Sekarang klo dipikir2, pingin juga untuk punya lagi yang orange untuk sekedar punya.
Acapkali Seiko Monster ini biasanya dibandingkan atau di-review dengan Diver2 buatan Swiss seperti Doxa Sub dsb. Mungkin bukan movement yang dibandingkan, karena memang caliber 7s26 adalah "kasta" paling rendah dari movement automatic yang sekarang diproduksi oleh Seiko. Walaupun sebenarnya movement ini di klaim sangat reliable dan bahkan bisa terus berjalan selama 20thn tanpa servis!
Hal yang sering menarik perhatian para penggemar arloji (termasuk saya) adalah design & kualitas casing, bezel dan bracelet-nya.



Casing terbuat dari all stainless steel dan berdiameter sekitar 43mm without crown membuat tampilan arloji ini menjadi sangat eye catching. Dengan penggunaan jarum yang bisa dibilang "nyeleneh" dan index2 yang sangat besar, jelas membuat arloji ini menjadi tidak biasa. Bahkan di suatu review yang saya pernah baca, dikatakan "you dont even need a flashlight when you wear this watch in very dark area" :-) Memang, cahaya yang dihasilkan oleh superluminova-nya terbukti sangat terang. Crown dengan model screw-in dibuat untuk membuat arloji ini kedap air. Di dial tertulis Diver's 200M, tapi saya belum pernah dengar ada yang pernah menguji sampai kedalaman tersebut. Pernah suatu ketika ada seorang anggota forum yang membawa arloji ini untuk scuba diving dengan crown yang lupa di screw-in, tapi dari ceritanya arloji ini berhasil selamat dan tidak kemasukan air sama sekali.


Berlanjut ke bezel, bezel yang digunakan adalah unidirectional dengan 120 cliks. Design bezel juga sangat menarik dengan arabic number untuk tiap kelipatan 15 menit. Bahkan teman saya pernah berkata kalau bezel arloji ini menyerupai pembuka kaleng makanan. hehehe... Yang sangat menarik dari bezel ini adalah pergerakannya yang sangat halus dan sangat mudah. Gerigi di pinggirannya di design agar memudahkan grip tatkala menggunakan diving suit.


Beralih ke rantai/bracelet, rantai dibuat dengan design yang sangat nyaman di tangan dan terdapat diver extension untuk digunakan dengan diving suit. Walaupun ada juga yang mengatakan bahwa design bracelet ini termasuk hairpuller atau sering membuat bulu2 di tangan tertarik.:-) Kualitas rantai-nya sangat baik, bahkan terlalu baik untuk arloji seharga ini. Kalau kembali melihat ke review2 yang pernah saya baca (lagi2 based on review nih..) dikatakan bahwa rantai dengan kualitas ini hanya didapatkan pada arloji2 seharga USD 1,000 keatas.


Overall, saya akui kalau Seiko ini memang layak untuk dimiliki. Mungkin kalau di dial-nya tertulis Swiss Made dan tidak ada embel2 Seiko, arloji ini gak akan terbeli hanya dengan USD 200.
Memang itu hanya review dari orang2 yang bisa saja sudah jatuh cinta dengan merk Seiko. Tapi kalau kita perhatikan, kebanyakan kolektor kolektor diluar sana yang menyimpan arloji sekelas IWC, Zenith, ataupun JLC, pasti menyisipkan Seiko ini dalam koleksinya. Beda dengan saya, sebelum punya Zenith, IWC atau JLC, Seiko Monster dulu juga gapapa lah.. hehehe..