Tuesday, February 12, 2008

Seiko 5 Sportsmatic cal.410 circa 1963


Awalnya saya gak terlalu tertarik dengan Seiko ini karena menurut saya nothing special selain daripada design-nya. Saya tertarik untuk mengakuisisi arloji ini dengan pertimbangan saya belum pernah memiliki Seiko vintage dengan casing warna gold, dan menurut saya warna emasnya tidak "murahan". Setelah berkorespondensi dengan rekan moderator di forum Seiko, saya mendapat keterangan bahwa ini adalah versi paling awal dari Seiko 5. Rekan tersebut juga memiliki versi yang sama, akan tetapi dial dan casing berwarna putih. Awalnya saya agak penasaran dengan casing, saya pernah baca di sebuah forum ada seorang penggemar yang memiliki arloji Seiko ini dan mengatakan bahwa casing jam ini dilapisi emas 18K dan bukan mikron. Karena masih kurang yakin, saya coba untuk menghubungi sang moderator forum. Ternyata beliau juga berkomentar bahwa memang casing Seiko ini dilapis emas 18K.


Casing jam ini berukuran 38mm dgn lebar lugs 18mm. Movement menggunakan cal.410 21 jewels dan masih bertuliskan Seikosha Sportsmatic. Saya belum bisa menampilkan movement-nya karena case back menggunakan sistem cungkil (snap on). Tulisan tulisan di case back juga sudah pudar, akan tetapi masih terlihat gambar Dolphin (lumba-lumba) dan tulisan Seiko Waterproof. Desain dial dengan inner bezel berwarna silver menurut saya membuat jam ini jadi terlihat sedikit mewah (atau perasaan saya aja ya?). Jarum menggunakan dauphine hands, dan tulisan di dial masih menggunakan teknologi sablon.