Tuesday, January 21, 2014

Rare Vintage Rolex Explorer II ref.1655 w/ Straight Second Hand







Rolex Explorer II ref.1655 merupakan salah tipe favorit saya untuk tipe sport vintage. Design unik dan tidak terulang di Rolex tipe sport lainnya. Baru beberapa tahun terakhir ini Rolex kembali mengeluarkan tipe Explorer II yang menggunakan jarum AM/PM berwarna orange dengan ref.216570. Menurut pendapat saya pribadi, tipe 1655 tetap lebih unik dan menarik.
Explorer II 1655 ini mulai pertama kali diproduksi pada sekitar tahun 1970/71. Seperti umumnya tipe sport lain, setiap model ditujukan untuk penggunaan yang berbeda. GMT Master untuk traveler/penerbang, Submariner dan SeaDweller untuk penggunaan di air, Explorer seperti namanya diciptakan untuk digunakan di darat/bawah tanah sekalipun. Khusus tipe Explorer II, Rolex menggunakan jarum tambahan sebagai penunjuk siang/malam. Hal ini ditujukan agar orang2 yang berada di tempat yang tidak terjangkau sinar matahari dapat melihat waktu dalam skala 24 jam (siang/malam). Itu juga alasan kenapa bezel dibuat fixed dan tidak dapat berputar, karena tidak diperlukan untuk mengetahui waktu di zona yang berbeda.

Ref.1655 dalam koleksi saya ini merupakan buatan tahun 1973, memiliki serial 3.2mil. Memiliki mk2 dial dengan mk2 bezel dan masih dalam kondisi sangat baik. Pada awalnya Rolex 1655 diproduksi dengan design jarum detik lurus tanpa lume dot. Lebih dikenal juga dengan 1655 straight hand. Hal ini tidak berlangsung lama, hanya sekitar 2 tahun atau sampai serial 3.5mil, 1655 diproduksi dengan menggunakan design jarum seperti ini. Rolex melakukan improvement dengan mengganti model jarum detik yang menggunakan lume dot. 

Rolex terus memproduksi ref.1655 hingga sekitar tahun 1984 dan tidak melakukan perubahan design. Hanya detail dial yang berbeda untuk setiap beberapa tahun produksi saja yang sedikit berubah. Populasi 1655 secara keseluruhan tidak terlalu banyak, pada masanya model ini tidak terlalu populer, dan penjualan memang tidak sebanyak model sport lain seperti GMT Master dan Submariner.
Saat ini, ref.1655 menjadi salah satu collectible item dari tipe sport dan banyak diburu kolektor. Terutama tipe straight hand yang masa produksi pendek dan populasinya sedikit. Selain itu banyak tipe straight hand yang jarum detiknya sudah diganti model lebih baru sewaktu arloji diservis oleh Rolex Service Center.

Private Collection / Not For Sale