Wednesday, February 22, 2012

(SOLD) Vintage Eternamatic Centenaire Chronometer ca.1960's






Eterna merupakan brand high-end yang banyak melakukan inovasi dan sangat fokus pada tujuannya untuk menciptakan movement yang sophisticated dalam bidang teknologi. Salah satu hallmark dalam milestone Eterna adalah dalam menciptakan jam tangan pertama yang memiliki fungsi alarm. Brand ETA yang terkenal hingga saat ini sebagai pembuat movement bagi arloji2 buatan Swiss, adalah merupakan bagian dari Eterna yang kemudian dipisahkan dan khusus fokus untuk mengembangkan movement arloji.

Pada era 1950 hingga akhir 1960-an, Eterna berada di urutan ketiga dibawah Rolex dan Omega sebagai merk yang mendapatkan sertifikasi chronometer terbanyak. Khusus dalma pengembangan movement automatic, puncak inovasi Eterna adalah dalam menciptakan rotor mesin yang bertumpu pada lima ball bearings, sehingga pengisian power dapat berjalan sangat efisien. Logo 5 ball bearings ini kemudian menjadi trademark Eterna pada arloji2 automatic buatannya.

Eternamatic yang ditampilkan dalam posting ini adalah Eternamatic Chronometer, dari line up Centenaire. Centenaire sendiri merupakan line up produk Eterna yang diluncurkan pada tahun 1956 dalam memperingati 100 tahun berdirinya perusahaan ini. Centenaire chronometer ini kemungkinan dibuat sebagai pesaing Omega Constellation pada saat itu. Jarang sekali saya menemukan Centenaire Chronometer dengan gold emblem pada caseback. Gold emblem pada caseback banyak ditampilkan pada arloji tipe high end dari masing2 brand pada masa tahun 1950-1970. Contohnya adalah Omega Contellation, Longines Conquest, Eterna KonTiki, Grand Seiko, King Seiko, dsb. Bahkan titus 77 jewels pun menggunakan gold emblem pada caseback-nya.

Diameter arloji ini adalah 36mm tanpa crown, termasuk 'jumbo' dibanding pesaing2nya pada masa itu yang rata2 memiliki diameter 34-35mm. Gold emblem pada caseback adalah merupakan lambang/symbol keluarga besar Schild (pendiri brand Eterna). Kondisi arloji masih sangat baik, dan mesin masih berjalan sangat akurat. Fungsi quick set juga masih berjalan sempurna. Mika arloji ini masih original Eterna, terdapat logo 5 ball bearings di tengah2 mika. Mika sudah ada rengat di arah jam 6. Crown original dengan logo Eterna. Ditawarkan tanpa box/paper.


Price/Harga : SOLD