Tuesday, January 10, 2012

Vintage Rolex Submariner 5513 Meters First ca.1966



Beberapa waktu yang lalu saya sempat 'mengumumkan' di blog ini bahwa sedang mencari vintage submariner no date ref.5513 atau 5512. Mungkin ada yang bertanya, apakah sampai sesusah itu mendapatkan Submariner 5512 atau 5513? Sebenarnya tidak juga, 5513 atau 5512 masih bisa didapatkan secara online dari forum2 luar negeri. Walaupun kemunculannya tidak terlalu sering, namun tidak bisa dikatakan sulit untuk mendapatkannya. Namun untuk membeli arloji dengan nilai uang yang tidak kecil, rasanya terlalu riskan klo membeli secara online dari luar negeri. Bukan tidak percaya dengan sellernya, ganjalan terbesar adalah masalah custom/bea cukai yang kadang suka merepotkan.

Hal ini berbeda dengan Indonesia, sekitar 2-3 tahun terakhir ini amat sulit mendapatkan 5513 atau 5512, 1-2x muncul namun kondisinya tidak pernah memenuhi standar pribadi saya dalam memilih arloji vintage. Dulu saya pernah memiliki 5513 buatan tahun 1976 yang sudah dibeli oleh seorang teman. Sejak saat itu, saya menyesal. Sudah beberapa kali saya coba untuk buyback, namun sang empunya tetap bergeming. Akhirnya jalan satu2nya adalah dengan posting lewat blog bahwa saya sedang mencari 5513 atau 5512 dalam kondisi baik.


Tidak disangka, akhirnya datang tawaran untuk 5513 lewat info seorang teman baik. Bahkan tidak tanggung2, langsung ada 2pcs!!. Submariner yang saya tampilkan pada posting ini adalah salah satunya dan termasuk generasi awal dari ref.5513. Ciri utamanya adalah design casing yang lebih pipih dibanding generasi setelahnya (thin case). Ciri paling mudah dilihat pada dial, yaitu penulisan depth rating dimulai dengan satuan meter dan dilanjukan dengan satuan feet (200m=660ft), atau lebih dikenal dengan istilah meters first. Arloji ini memiliki digerakkan oleh automatic cal.1520 yang belum memiliki sertifikasi chronometer, sera belum dilengkapi dengan fitur hacking. Dari caseback dan serial, dapat diketahui bahwa arloji ini dibuat pada akhir tahun 1966 dimana ini adalah masa peralihan dari gilt dial menjadi matte dial. Seluruh part pada arloji masih asli bawaan, termasuk crown yang masih double lock serta kaca mika superdome tropic 19. Rantai pada arloji ini menggunakan folded oyster yang masih sangat baik kondisinya serta full link belum pernah dipotong. Bezel insert juga masih fat font MK1 alias masih bawaan. Warnanya sudah berubah menjadi abu2 muda dan menambah antik penampilan arloji ini. Tone warna seperti ini sering juga disebut dengan ghost insert.

Sempat saya katakan bahwa ada 2pcs yang ditawarkan ke saya waktu itu, kali ini saya tampilkan salah satu dulu. 5513 yang satunya sudah keburu masuk brankas, nanti klo ada waktu dan kesempatan akan saya tampilkan juga di blog.